Abdi

Selamat datang.

Pada medio Januari 2012, situs ini didirikan dengan semangat melestarikan dan memutakhirkan budaya tradisionil Indonesia, khususnya angklung. Mohon doa restunya agar niat baik ini membawa berkah bagi kita semua.

Tentang Klungbot

Klungbot adalah robot untuk memainkan musik memakai angklung bambu asli, dan juga bisa digabung dengan synthesizer MIDI. Karya teknologi ini dikembangkan oleh dosen dan mahasiswa Teknik Fisika ITB, bekerja sama dengan empu maupun seniman angklung di kota Bandung.

Secara musikal, klungbot sudah mampu memainkan lagu-lagu yang bervariasi dan kompleks. Lagu sebaiknya berupa aransemen khusus angklung yang ditulis dengan notasi doremi (*.123), atau file midi (*.mid).

Tentang Situs

Situs ini didirikan dalam rangka program wirausaha muda 2011, oleh mahasiswa Teknik Fisika ITB:

  • Gideon Giovanni
  • Jericho Parulian Situmorang
Setelah berjalan beberapa saat, situs diubah tampilannnya dan dilengkapi isinya oleh:
  • Estiyan Dwipriyoko
  • Asifa Imanda

klungbot.com v2

Namun karena menurut pada anjuran meng-update theme, setting tampilan situs hilang.
Perbaikan dilakukan dan diupdate menjadi bentuk terakhir ini, oleh:

  • Krisna Diastama
  • Eko Mursito

Permakluman

Orang bijak mengatakan, “Jika ingin tinggi, berdirilah di pundak raksasa”. Untuk itu dalam menyusun konten situs ini, kami belajar dan sedikit banyak mengambil bahan dari situs lain, dengan kesadaran tinggi akan selalu menyebut asal muasalnya. Apabila anda berkeberatan melihat konten yang tidak seharusnya, mohon segera menghubungi kami agar bisa diperbaiki. Terima kasih atas maklumnya.

Etiket Penulisan

Standar penulisan artikel di situs ini adalah:

  1. Artikel adalah tulisan asli, minimal sintesa. Artikel yang salin tempel bulat-bulat dari materi orang lain adalah tabu !
  2. Gambar adalah lukisan digital atau foto buatan asli, berukuran maksimum 640×480, untuk slider ukuran 640×340.
  3. Dalam mengutip tulisan, memasukkan gambar, maupun materi apa saja dari orang lain, kaitan dan kredit harus dicantumkan semestinya.

Hak Cipta

Seluruh isi situs ini, kecuali yang kami sadur, adalah hak cipta klungbot.com. Dipersilahkan mengutip situs ini untuk keperluan akademik (misal membuat laporan, makalah) dengan tata cara mengutip yang baik. Memakai sebagian isi situs secara online juga diijinkan, selama memberi kaitan balik ke artikel asalnya. Namun penggunaan untuk keperluan lain, baik komersial maupun non komersial, dilarang tanpa memohon dan diberi ijin secara tertulis. Mari budayakan etika menulis dan saling menghargai yang baik di Indonesia.