Aransemen Angklung 2 – Bass

Dalam musik angklung, alat musik non bambu yang sering dipakai adalah bass betot. Suara bass bahkan jauh lebih penting dibanding drum. Konon, Pak Daeng Soetigna pernah panik hampir gagal mentas di istana negara Jakarta, karena dalam perjalanan bass-betotnya pecah dipukul tentara NICA.

Dalam musik, fungsi bass ada dua :

  1. sebagai pemandu akord sesuai melodi yang sedang dimainkan.
  2. sebagai pembawa irama, yang mana peran ini berbagi dengan perkusi.

Karena itu, penambahan bass pada aransemen angklung sangat terkait dengan akord. Trik umumnya adalah (berlaku untuk akord 3 nada):

  • Nada pertama akord disebut nada akar (root), adalah nada terpenting yang HARUS  dimainkan pertama kali, dan boleh diulang jika perlu.
  • Nada kedua akord adalah penentu jenis akord, menjadi mayor atau minor. Nada kedua ini HARUS muncul dalam melodi pengiring, namun TIDAK HARUS muncul dalam bass.
  • Nada terakhir akord adalah nada tambahan yang SEBAIKNYA muncul pada bass. Nada ini sama pada akord mayor maupun minor.

Pada bahasan sebelumnya, kita sudah menentukan akord tiap birama dan menuliskannya sebagai trak akompanimen (VA). Nah, dari situ membuat trak bass yang paling sederhana adalah sebagai berikut:

  • Ambil nada akar (root note) dari akord (yaitu nada pertama).
  • Mainkan di ketukan pertama, rendahkan satu atau dua oktaf.

Pada notasi doremi dari artikel sebelumnya, tambahkan bass tersebut sebagai trak VB seperti contoh berikut:

V1: | 5 3 3 . | 4  2 2 . | 1  2 3 4 | 5 5 5 . |
V2: | 3 . . . | 7, . . . | 5, . . . | 3 . . . |
V3: | 1 . . . | 5, . . . | 3, . . . | 1 . . . |
VA: |@1 . . . |@5  . . . |@1  . . . |@1 . . . |
VB: |1, . . . | 5; . . . | 1, . . . |1, . . . |

Hanya dengan satu nada per birama tersebut, efeknya ke lagu sudah lumayan besar.
Untuk aransemen yang lebih kompleks, maka sebaiknya kita belajar pustaka pola bass (pattern). Pola bass dibentuk dari nada-nada akord yang dimainkan dengan urutan dan panjang ketuk tertentu. Berikut ini beberapa pola dasar bass yang banyak dipakai (nada-nada akord ke 1,2,3 dilambangkan dengan x, y, z).

Birama Pola
2/4 x .
x z
3/4 x . .
x z z
x y z
4/4 x . . .
x . x .
x z x z

Masih banyak pola yang lain, dan tentunya, tidak ada batasan dalam berkreasi. Yang penting, gunakan hanya nada-nada sesuai akord. Untuk contoh lagu, mari kita pakai pakai pola xzxz, dan jadinya adalah sebagai berikut:

V1: | 5 3  3  .  | 4  2  2  .  | 1  2 3  4  | 5 5  5  .  |
V2: | 3 .  .  .  | 7, .  .  .  | 5, . .  .  | 3 .  .  .  |
V3: | 1 .  .  .  | 5, .  .  .  | 3, . .  .  | 1 .  .  .  |
VA: |@1 .  .  .  |@5  .  .  .  |@1  . .  .  |@1 .  .  .  |
VB: |1, 5; 1, 5; | 5; 2, 5; 2, |1, 5; 1, 5; |1, 5; 1, 5; |

Aransemen seperti diatas adalah aransamen klasik angklung yang dikenalkan oleh Pak Daeng Soetigna, kemudian diteruskan oleh murid maupun cucu muridnya, seperti Pak Edi Permadi maupun Kang Haris Sungkawa. Berbagai lagu di lomba paduan angklung umumnya memakai aransemen tipe ini.

 

Related posts:

Rahasia Angklung Padaeng 1 - M...
Akhirnya setelah lewat 75 tahun, Pak Daeng Soetigna (alm) mendapat pengakuan resmi sebagai...
Doremi 1 - Notasi Dasar
Bulan November 2011, Klungbot III baru saja menjadi winner INAICTA 2011, dan didapuk jadi ...
Klungbot, Ancaman atau Pendoro...
Angklung adalah alat musik yang biasanya dimainkan oleh manusia beramai-ramai. Ketika munc...
Doremi 2 - Banyak Suara
Minggu kedua latihan klungbot, kang Asep mengusulkan lagu “Que Sera Sera” dengan banyak su...
Doremi 3 - Banyak Instrumen
Sekitar akhir dekade 1960-an, Pak M. Burhan memelopori suatu ensemble yang diberi nama aru...
Doremi 5 - Ritme
Ritme adalah sepotong untaian nada yang berulang-ulang dengan beat yang sama, namun bisa b...
Seberapa Universal-kah Musik A...
Dalam dunia angklung sering kali muncul peryataan bahwa musik angklung adalah musik yang u...
Angklung Untuk Pendidikan
Pada hari pendidikan nasional, bertemulah para seniman angklung dan pendidik di Saung Angk...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− nine = 0