Hama Angklung

Angklung adalah alat musik yang semuanya terbuat dari bambu (plus sedikit pengikat dari rotan). Walaupun sudah mantan makhluk hidup, ternyata angklung masih saja jadi sasaran makhluk hidup lain. Dan efeknya mengerikan …

Jamur

Jamur adalah tumbuhan yang tidak punya klorofil, sehingga tak bisa melakukan foto sistesis sendiri. Akibatnya jamur memilih jalan hidup heterotrof dengan menjadi parasit obligat, parasit fakultatif, atau saprofit.

Ha ha ha … kalau seniman dibacakan definisi di atas … kayaknya bisa langsung mencipta lagu “Pusing”. Cuma pusing mana dengan melihat angklung tersayangnya menjadi demikian ?

Angklung Berjamur

Di rangka, bahkan kadang sampai di tabung, muncul bercak-bercak putih atau hitam. Bahkan ketika sudah usia matang, jamurnya berbunga spora berwarna oranye. Anehnya warna oranye ini tidak bikin indah, tapi malah mengerikan. Jangan-jangan beracun.

Kejadian ini biasanya muncul di musim hujan, ketika angklung dibiarkan dalam keadaan lembab. Jadi untuk mencegahnya, gantung angklung di ruangan yang kering. Jangan biarkan menumpuk di tempat lembab. Kalau sudah terlanjur terkena, jamur itu bisa di-lap dengan kain yang diberi thinner (pengencer cat). Namun tetap saja bekasnya tidak akan hilang.

Bubuk

Bubuk adalah hama serangga kecil yang memakan bambu dari dalam. Dibanding jamur yang jadi hama dari luar, efek bubuk lebih fatal. Devastating kata orang londo. Lihat ini fotonya …

Angklung kena bubuk
Yang kalau dilihat lebih dekat …

Angklung kena bubuk

Ih … ngenes sekali nasib si angklung ini. Sudah relakan saja, dia tidak akan selamat.

Pencegahan

Namun ada kabar baik. Dengan penasaran, angklung malang itu diikat dengan sebuah angklung lain seperti foto berikut. Teorinya, si angklung kecil akan tertular. Namun setelah 3 bulan berlalu, ternyata si kecil masih sehat-sehat saja. Kenapa bisa ?

Angklung sehat dan sakit

Menurut Pak Handiman (empu angklung), kalau bambu sekali tidak terkena bubuk, tak akan kena bubuk selamanya. Resep rahasia dari leluhur, bambu yang tahan hama adalah:

  • Tumbuhnya di tempat kering (di gunung, bukan di dekat sungai misalnya)
  • Dipotong saat musim kemarau pada saat yang tepat (uir-uir berbunyi)
  • Dikeringkan dulu selama setahun

Sementara itu bambu yang disukai bubuk adalah bambu yang kayunya manis, mungkin karena hidupnya dulu manja di tanah subur, atau dipotong saat musim hujan.

Sayangnya karena permintaan angklung sedang tinggi, stok bambu yang bagus cepat sekali menipis. Mau menebang lagi … terlalu lama kalau harus menunggu musim kemarau apalagi masih harus dikeringkan selama setahun. Karena itulah sebagian pengrajin angklung terpaksa memotong kapan saja, dan dikeringkan secepatnya. Bahkan karena benar-benar sudah habis stok, bambu sisa bangunan juga dipakai untuk angklung. Lalu untuk mencegah hama, dilakukan beberapa upaya pengawetan seperti:

  • Bambu direndam dulu di cairang pengawet
  • Bambu disemprot pakai pembasmi serangga
  • Bambu dikeringkan dengan di-oven atau mesin vakum.
  • Setelah jadi angklung, bambunya diberi pernis

Namun tetap saja kalau bambunya manis, resiko kena hama tetap tinggi. Demikian pula kalau dikeringkan dengan paksa, maka bambu mudah retak. Karena itu jika ingin membeli angklung kelas satu, pastikan bahan bambunya memang diproses dengan sabar, sesuai dengan nasehat leluhur.

 

Bahan bacaan lain

Related posts:

Angklung
Angklung adalah alat musik tradisionil asal Indonesia yang terbuat dari bambu. Alat ini mu...
Kajian Teknik Memainkan Angklu...
Secara kasat mata, nampak bahwa angklung adalah alat musik bambu yang terdiri atas kombina...
Isyarat Angklung Interaktif
Angklung interaktif adalah acara bermain angklung beramai-ramai secara langsung, tanpa pak...
Klungbot, Ancaman atau Pendoro...
Angklung adalah alat musik yang biasanya dimainkan oleh manusia beramai-ramai. Ketika munc...
Sesepuh-sesepuh Angklung
Angklung adalah alat musik tradisionil Indonesia yang sudah ada sejak jaman Hindu. Siapa p...
Rahasia Angklung Padaeng 3 - S...
Saking mudahnya, anak taman kanak-kanakpun bisa bermain angklung. Untuk mereka Pak Daeng S...
Filosofi Angklung
Salah satu hal yang mengagumkan dari leluhur bangsa Indonesia adalah, mereka selalu punya ...
PPM ITB untuk Bale Angklung Ba...
Sebagai wujud penghormatan pada Pak Handiman, sang empu angklung, ITB  menyelenggarakan ke...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ five = 9