Indonesia-Japan Innovation Convention 2012

Dalam rangka memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang, telah diselenggarakan acara Indonesia-Japan Innovation Convention pada tanggal 30 November – 2 Desember 2012 di Sabuga ITB, Bandung. Acara tingkat tinggi itu dihadiri wapres Indonesia, Pak Budijono, dan mantan PM Jepang, Yasuo Fukuda. Hasil dari acara itu adalah dicetuskannya Bandung Innovation Statement (BIS).

BIS berisi tujuh pokok pikiran untuk meningkatkan kerja sama kedua negara dalam inovasi, yaitu:

  1. Akan dibentuk forum diskusi antara pihak terkait dari Indonesia dan Jepang untuk memfasilitasi dialog dan menindaklanjuti kerjasama baru atau kesepakatan.
  2. Mendukung aktivitas masyarakat berbasis inovasi yang dapat meningkatkan pembangunan ekonomi dan sosial kedua negara.
  3. Mendukung ide-ide pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi innovation park dalam memfasilitasi kemitraan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Mendukung gagasan dalam membangun smart community.
  5. Membentuk kemitraan strategis dalam bidang inovasi yang sejajar dan saling menguntungkan.
  6. Menentukan platform kerjasama yang disetujui semua pemangku kepentingan seperti inovasi terbuka dalam klaster yang strategis.
  7. Mendorong sinergi antara sektor pemerintah, akademisi dan bisnis dalam mempromosikan pemanfaatan dan pengembangan inovasi.

Setelah berpidato dan berdiskusi dengan serius, para delegasipun bisa berjalan-jalan melihat pameran inovasi dari Jepang dan Indonesia. Di salah satu stand, bertemulah mereka dengan klungbot. Mr. Fukuda pun terpesona mendengar alunan lagu Kokonorotomo dan Sukiyaki, yang diaransemen oleh Kang Asep Suhada.

 

Mr Fukuda (Ex-PM Jepang) dan Pak Ahmaloka (Rektor ITB) meninjau Klungbot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *