Klungbot Versi 1

Klungbot 1 dibuat oleh Karismanto Rahmadika & Krisna Diastama, sejak bulan Juni 2010. Perangkat angklung menggunakan 8 angklung sarinade (1 oktaf nada utama saja). Mekanik robot memakai LEGO Mindstorm NXT, dan dikontrol oleh program komputer yang ditulis dengan bahasa LeJOS.  Penulisan lagu masih dilakukan secara hard-coded ke perangkat lunak.

Dengan angklung Sarinande, Klungbot 1 mampu memainkan lagu-lagu dengan rentang nada 1 oktaf seperti Suwe Ora Jamu, Burung Kakak Tua, Cicak, maupun Tokecang. Bulan Oktober 2010, Klungbot 1 muncul pertama kali dalam ajang National Young Inventor Award 2010 sebagai finalis.

Pada bulan Juni 2011, Klungbot ikut di ajang Parahyangan Robotic Competition 2011. Pada waktu itu Klungbot 1 ditingkatkan sehingga bisa memegang 12 angklung Sarinande Plus. Lagu yang bisa dimainkan bertambah kaya seperti Hymne Guru, Terima kasihku, dan Rayuan Pulau Kelapa. Klungbot 1 kemudian ditemani oleh Ceborg, si robot cepot yang bisa menjadi konduktor. Ceborg & Klungbot akhirnya keluar sebagai pemenang kategori Unique Robot.

Kaitan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *