Klungbot versi 4

Klungbot 4 dikembangkan dengan kilat dalam rangka mengikuti APICTA 2011. Bantuan besar datang dengan bergabungnya kang Asep Suhada, sebagai seniman angklung tulen. Dalam dua bulan, kang Asep memberi begitu banyak masukan sehingga klungbot 3 yang hanya bisa bermain lagu kelas “Cicak”, tahu-tahu bisa memainkan aransemen komplit “Winter Games” !

Dari segi perangkat keras, klungbot kini memperoleh kulit baru berupa rangka berukir. Siang itu, Eko pulang naik ojek dan bertanya pada mang ojek-nya, bisakah diantar ke tukang ukir ? Bertemulah Eko dengan kang Mamat, pengrajin mebel di Padasuka. Setelah berdiskusi sebentar, kang Mamat pun sanggup membuatkan rangka baru dalam 2 minggu. Menjelmalah Klungbot dengan ukiran jepara yang keren pisan. Untuk 36 buah angklung 3 oktaf, ada 3 buah rangka berukuran lebar 100 cm, dalam 60 cm, dan tinggi disesuaikan tinggi angklung.

Sementara itu peningkatan jauh terjadi pada perangkat lunak yang mengintegrasikan driver klungbot dengan MIDI, serta inovasi notasi doremi untuk menulis lagu. Notasi ini cocok digunakan oleh seniman tradisionil, karena menggunakan not angka, dan sangat fleksibel untuk aransemen angklung yang punya banyak suara maupun akompanimen. Berkah dibalik sistem doremi ini adalah bergabungnya kang Asep Suhada, seniman angklung lulusan KPA SMA 3 dan KPA ITB. Kang Aseplah yang mau mencoba menulis dengan notasi doremi, lalu setiap Sabtu bertemu dan bertanya “Bisa begini ngak ?”. Keluhan yang memacu engineer klungbot untuk begadang semingu berikutnya 🙂

Layar editor doremi Klungbot 4

 

Klungbot 4 ini dirakit dua minggu sebelum berangkat ke APICTA di rumah Padasuka oleh Eko, Dika dan Dias. Perakitan berjalan lancar, karena relatif hanya memindah angklung, lengan mekanik, dan mikroprosesor dari klungbot 3 ke rangka yang baru. Kang Asep Suhada pun membantu melakukan berbagai uji dan memberi masukan sehingga getaran angklungnya benar-benar enak didengar.

Merakit Klungbot 4

Klungbot 4 ini kemudian mengikuti APICTA 2011 di Pattaya Thailand, mewakili Indonesia. Saat presentasi, Klungbot menampilkan lagu-lagu merdu seperti Que Sera-Sera, New York, Heal the World, maupun Winter Games. Sayang walau sudah berusaha keras, klungbot tidak berhasil menjadi juara dikategorinya (Research & Development). Meski demikian, Klungbot dipercaya untuk menghibur para tamu saat malam penutupan.

Bulan Desember 2011, Klungbot 4 berlomba di ajang International Robotic Olympiade di Jakarta, dan berhasil mendapat medali perunggu. Walau dianggap paling mantap, dewan juri dari negara manca berpendapat bahwa klungbot bukanlah robot yang autonomous, sehingga kalah dibanding kontestan lain yang lebih sederhana namun autonomous.

Klungbot di IRO 2012

Setelah puas berlomba, pada Bulan Januari 2012 Klungbot dibawa ke Saung Angklung Udjo untuk bertemu dengan para sesepuh di sana. Klungbot pun di-audisi oleh Kang Yayan dan kang Daeng Udjo, disertai kang Asep Suhada. Setelah mendengar dengan serius, keluarlah pengakuan dari kang Daeng, “Lumayan !”. Wow … mari anggap itu tanda lulus akreditasi seniman 😀

Klungbot audisi di SAU

Sebagai penutup, akhir tahun 2012 inovasi pada klungbot 4 ini akhirnya terdaftar sebagai paten dengan judul “Sistem Notasi Musik Not Angka Berbasis Teks”. Just sweet ….

 

 

Related posts:

Klungbot (Angklung Robot)
Angklung adalah alat musik tradisionil Indonesia yang terbuat dari bambu. Suaranya kha...
Tujuan Klungbot
Klungbot adalah karya yang berusaha memodernisasi angklung, suatu alat musik tradisionil k...
KlungBot @ New Majesty Bandung
KlungBot - Bohemian Rhapsody - Live @ New Majesty Bandung Angklung Robot Queen Cover , An...
Klungbot di IRO 2011
International Robotic Olimpiade ke-13 diadakan di Jakarta tanggal 15-18 Desember 2011. Klu...
Berjuang di INAICTA 2012
INAICTA adalah ajang penghargaan tertinggi untuk karya-karya inovatif di bidang teknologi ...
Klungbot di Tripple Helix dan ...
Tanggal 8 Agustus adalah hari Kebangkitan Teknologi Nasional. Tahun 2012 ini, kegiatannnya...
KlungDroid
KlungDroid adalah software untuk mengakses klungbot secara remote memakai tablet atau hand...
Klung Competition 2013
Biasanya kalau ada kompetisi, klungbot ikut jadi peserta. Kali ini .... klungbot jadi hadi...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 7 = twelve