KlungDroid

KlungDroid adalah software untuk mengakses klungbot secara remote memakai tablet atau hand-phone android. Dengan klungDroid, orang bisa meminta daftar lagu dari klungbot, kemudian memilih salah satu untuk dimainkan. Selain itu, klungdroid juga bisa menampilkan suatu “keyboard virtual”, untuk memainkan klungbot secara langsung. Fitur ini jadi asik dipakai ketika banyak orang beramai-ramai main klungbot pakai android.

Prinsip kerja KlungDroid cukup sederhana. Mula-mula perangkat lunak Klungbot (pusat) akan siap sebagai server. Server ini memakai protokol HTTP, dimana kandungan informasi yang dibawa adalah data MIDI. Untuk gampangnya, kami sebut protokol ini sebagai MIDI over HTTP.

Saat klungDroid mulai aktif, dia akan mencoba untuk koneksi ke server tersebut. Bila berhasil, maka klungDroid pun menampilkan keyboard dan akan siap menunggu perintah dari sang pemakai. Ketika pemakai menyentuh salah satu “tut” di keyboard, maka klungDroid akan mengirim pesan MIDI “NOTE ON” ke server. Pesan NOTE-ON ini mengandung informasi nada (misalnya nada C4) dan volume. Dengan demikian, serverpun dapat meminta klungbot untuk mulai menggetarkan angklung yang tepat.

Selanjutnya ketika pemakai melepas tut, maka klungDroid akan mengirim pesan “NOTE-OFF” yang sesuai (yaitu untuk nada C4). Serverpun akan menindaklanjuti pesan ini dengan menghentikan getaran angklung yang bersangkutan.

Permainan bisa menjadi ramai, karena suatu pesan NOTE-ON tidak harus di susul dengan NOTE-OFF yang berkaitan. Bisa saja terjadi pengiriman nada NOTE-ON (C4), lalu diikuti NOTE-ON (E4), lalu NOTE-ON (G4). Akibatnya tiga angklung akan bergetar bersamaan. Masing-masing angklung baru akan berhenti jika ada NOTE-OFF yang sesuai.

Nah, dengan cara itu seseorang bisa memainkan banyak nada sendirian dengan cara menyentuh beberapa tut memakai banyak jari. KlungDroid sanggup menangani hal itu karena android memiliki kemampuan “multi-touch”.

Demikian pula bila ada banyak orang bermain bersamaan. Setiap orang bisa sesuka hati menyentuh tut apa saja, dan klungDroid akan mengirim perintah NOTE-ON ke server. Dengan patuhnya, server akan menerima perintah dari semua klungDroid, dan memainkan angklung yang sesuai.

Namun tentu saja untuk kemananan, ada beberapa batasan. Server cuma mau memainkan maksimal 10 angklung secara bersamaan. Selain itu, server akan mematikan angklung secara otomatis bila dalam 10 detik tidak menerima NOTE-OFF.

 

Related posts:

Tujuan Klungbot
Klungbot adalah karya yang berusaha memodernisasi angklung, suatu alat musik tradisionil k...
Klungbot Versi 1
Klungbot 1 dibuat oleh Karismanto Rahmadika & Krisna Diastama, sejak bulan Juni 20...
Klungbot Versi 3
Klungbot 3 adalah versi pertama yang sudah bisa bermain angklung dengan layak. Inovasi uta...
Berjuang di INAICTA 2012
INAICTA adalah ajang penghargaan tertinggi untuk karya-karya inovatif di bidang teknologi ...
Pameran dan Momen Deg-degan di...
Well, setelah tim Berjuang di INAICTA 2012 pada tahap penjurian, kini saatnya tim klungbot...
Klungbot versi 4
Klungbot 4 dikembangkan dengan kilat dalam rangka mengikuti APICTA 2011. Bantuan besar dat...
Font Not Angka Doremi - 1.0
Yeah, akhirnya !!! Kini notasi doremi akan bisa terlihat seperti not angka yang umum denga...
KlungMia
KlungMia adalah perangkat lunak bagi Windows Phone untuk mengontrol klungbot secara remote...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight − = 7