Doremi 1 – Notasi Dasar

Bulan November 2011, Klungbot III baru saja menjadi winner INAICTA 2011, dan didapuk jadi salah satu duta Indonesia ke APICTA 2011 di Thailand. Check-list pengembangan kilat-pun segera disusun: (1) membuat rangka baru yang pakai ukiran biar tambah tradisionil dan (2) memberi lagu yang mantap buat dimainkan. Sewaktu INAICTA itu, klungbot bisa memainkan sekitar 10 lagu, dan yang dipamerkan ke juri adalah lagu “Cicak”, “Burung Kakak Tua”, serta “Suwe Ora Jamu”. Rasanya ngak afdol jauh-jauh ke Pattaya cuma mau ngamen lagu anak-anak begitu. Tahu-tahu ada tendangan dari langit, berkunjunglah seniman dan pelatih angklung kang Asep Suhada ke garasi Klungbot. Sekali dijelaskan cara kerjanya, tanpa buka-buka buku keprekan, kang Asep mendiktekan aransemen komplit 3 suara. Dalam satu jam Klungbot langsung mengalunkan tembang “We Are The Champion”. Wow …. !!!

Layar editor doremi Klungbot 4

Layar editor doremi Klungbot 4

Walaupun senang sekali, masalah terasa jelas di situ. Kang Asep hanya bisa mendiktekan aransemennya, sementara Mas Eko-lah yang harus memrogrammnya ke komputer. Maklum, lagu-lagu klungbot masih harus ditulis pakai bahasa pemrograman Java sebagai array of integer. Anda ngak ngerti apa itu array of integer ? Kang Asep, somehow, bisa agak mengerti. Ternyata setelah ditelusuri, dia adalah alumni SMA 3 Bandung, sempat setahun di Politeknik Swiss ITB, terus lulus dari Geologi ITB. Itu semua sekolah nge-top, iya ngak ? Jadi yang mengherankan, kenapa kang Asep kok terus jadi seniman angklung ???  Beberapa bulan kemudian, baru kang Budi Supardiman menjelaskan, bahwa kang Asep itu kuliah di ITB cuma mau melanjutkan dari Kelompok Paduan Angklung (KPA) SMA 3 naik ke KPA ITB. Seandainya ada KPA Harvard, kang Asep pasti ambil doktor ke sana 😉

Setelah latihan pertama tersebut, kang Asep pulang dengan bahagia karena merasa mendapat anak robot didik baru, seraya meninggalkan satu map aransemen lagu-lagu angklung. Setelah dipelajari, ciri-cirinya adalah:

  • Aransemen ditulis pakai not angka.
  • Aransemen angklung selalu memakai banyak suara(seperti koor), minimal 3 suara, bahkan bisa sampai 10 suara.
  • Untuk improvisasi, angklung bisa dimainkan dengan teknik kurulung dan centok.

Bagaimana caranya agar seniman dapat dengan mudah menuliskan aransemen tersebut untuk klungbot ?

Perangkat lunak untuk menulis lagu sebenarnya sudah banyak (Cake-walk, Muse-Score, Sibelus, dll.). Namun pengembangan baru diperlukan karena semua perangkat lunak itu umumnya memakai not balok, padahal seniman angklung kenal baiknya dengan not angka. Kemudian, harus dimaklumi bahwa seniman umumnya bukan pakar komputer, sehingga agak enggan belajar komputer, apalagi sampai menulis lagu pakai mouse. Kalau bisa ya diketik saja.

Karena itu, diputuskanlah untuk membuat penulisan not angka dengan cara sederhana memakai teks saja ! Ide tersebut sebenarnya tidak baru, soalnya sudah ada notasi ABC. Sayangnya notasi tersebut memakai not huruf, dan sifatnya mutlak. Sekali lagi, seniman sini sukanya pakai not angka yang sifatnya relatif. Salah satu alasannya adalah agar mudah untuk mengganti-ganti nada dasar, disesuaikan dengan jumlah angklung yang terbatas.

Dalam satu minggu, pemrograman notasi doremi pun dilakukan. Hasilnya, lagu “Cicak di Dinding” bisa ditulis seperti contoh berikut:

$ Lagu cicak dalam notasi doremi
$ Informasi umum
T: Cicak di Dinding
C: A.T. Machmud
E: Krisna Diastama
M: 2/4
Q: 100
K: C

$ Mulai bagian lagu
V: | 5 3  | 5 3  | 3 4  | 5 .  |
W: ci-cak ci-cak di din-ding

V: | 4 2  | 4 6  | 5 4  | 3 .  |
W: di-am di-am me-ra-yap

V: | 6 4  | 6 4  | 6 7  | 1' . | 
W: da-tang se-e-kor nya-muk

V: | 1'-^ 0- 0 | 
W: hap 

V: | 3 5  | 4 2  | 1 .  |
W: la-lu di-tang-kap

Lima baris pertama adalah informasi umum soal lagu yang dimulai dengan satu huruf besar, yaitu: Title (judul), Composer (pencipta), Editor (penyunting), Meter (birama), Quickness (Tempo, dalam ketuk per menit), serta Key (Kunci nada dasar).

Setelah itu barulah dimulai penulisan untaian nada pada baris-baris yang dimulai dengan huruf V (voice). Untuk menulis syair, bisa ditambahkan baris dibawah not angka yang dimulai dengan huruf W (Word).

Secara umum, simbol-simbol penulisan sesuai dengan not angka, namun karena keterbatasan huruf di komputer, akan ada beberapa pengecualian. Elemen-elemen dasar untuk menulis notasi doremi adalah:

| bar pemisah birama
1-7 not angka Do-SI
0 diam
. memperpanjang not satu ketuk

Dengan elemen-elemen tersebut kita sudah bisa menulis lagu-lagu dengan rentang nada 1 oktaf. Agar bisa lebih banyak rentang nadanya, maupun memakai nada kromatis, maka tiap nada bisa dinaikkan atau diturunkan dengan menambah akhiran sebagai berikut:

/ naik 1/2 nada, misal 4/ = fis
naik 1 oktaf, misal 1′ = do tinggi
naik 2 oktaf
\ turun 1/2 nada, misal 5\ = sel
, turun 1 oktaf, misal 1, = do rendah
; turun 2 oktaf

Akhiran lain yang bisa diberikan adalah mengubah panjang nada, dengan simbol:

panjang dikali 1/2
= panjang dikali 1/4
+ panjang dikali 2/3

Kemudian agar bisa bermain centok, seperti terlihat pada lagu cicak dibaris ke 4 (HAP !!!), dikenalkan juga notasi stacato.

^ stacatto / centok

Nah, dengan notasi tersebut, cukup mudah untuk mulai menulis aransemen angklung bagi klungbot. Ini video klungbot sedang memainkan lagu “Cicak di Dinding” tersebut.

 

Related posts:

Klungbot Versi 2
Setelah Klungbot 1 berhasil membuktikan bahwa robot angklung itu bisa dibuat memakai LEGO,...
Cicak Di Dinding
Lagu "Cicak" sangat disukai anak kecil, karena di syairnya ada bagian "hap&...
KlungBot @ New Majesty Bandung
KlungBot - Bohemian Rhapsody - Live @ New Majesty Bandung Angklung Robot Queen Cover , An...
Doremi 4 - Akord
Dalam partitur lagu, sering kita temui ada baris nada-nada utama dalam not angka, kemudian...
Doremi 5 - Ritme
Ritme adalah sepotong untaian nada yang berulang-ulang dengan beat yang sama, namun bisa b...
Seberapa Universal-kah Musik A...
Dalam dunia angklung sering kali muncul peryataan bahwa musik angklung adalah musik yang u...
Font Not Angka Doremi - 1.0
Yeah, akhirnya !!! Kini notasi doremi akan bisa terlihat seperti not angka yang umum denga...
Doremi 6 - Perkusi
Perkusi adalah alat musik tetabuhan misalnya kendang, atau drum. Dalam suatu lagu, perkusi...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 × nine =