Wisata Taman Air Terbaik

Akhir-akhir ini mulai bermunculan tempat wisata taman air (water park) yang dilengkapi dengan berbagai wahana menarik. Ini dia urutan terbaik menurut penulis.

6. Karang Setra, Bandung

Ini adalah kolam renang yang sudah sangat tua, berdiri tahun 1954. Wahana paling menantang di sini adalah perosotan naga yang meliuk-liuk dari ketinggian 15 meter.

Dibanding taman yang lebih baru, tempat ini memang ketinggalan jaman. Meski demikian, tiketnya yang murah membuatnya tetap menjadi taman air favorit di Bandung yang bisa dikunjungi kapan saja dengan keluarga besar.

5. Taman Safari, Puncak

Taman Safari di Puncak Jawa Barat sebenarnya lebih terkenal dengan hewan-hewannya. Namun di sana juga ada berbagai permainan lain, dan salah satunya adalah taman air.

Taman air di sini lebih cocok untuk anak-anak. Banyak sekali wahana kecil-kecilnya. Yang paling menonjol adalah sebuah kapal ukuran sebenarnya, yang bisa dinaiki lewat tangga, kemudian meluncur ke air melalui beberapa perosotan. Ada juga dua perosotan putar yang lumayan tinggi.

4. The Jungle, Bogor

Taman air ini terbilang murah, dengan wahana yang beragam. Ada kolam anak dengan ember raksasa, kolam ombak, dan juga kolam arus. Kemudian ada dua perosotan yang cukup tinggi. Namun selain dua perosotan itu, tak ada lagi wahana lain yang cukup menantang. Akibatnya antrian menaikinya sangat panjang. Selesai berenang, kita juga bisa menonton bioskop 4D.

3. Snowbay, TMII Jakarta

Salju di Jakarta ? Mana mungkin ? Setelah dikunjungi, ternyata memang lokasi ini penuh salju bohong-bohongan. Jangankan dingin, jalan bertelanjang kaki saja harus meringis kepanasan.

Namun setelah masuk ke air, rasanya memang jadi segar sekali. Ada berbagai kolam di sini, termasuk kolam anak dan kolam ombak. Di sekeliling juga ada kolam arus. Wahana paling menantang di sini adalah perosotan putar, yang kemudian diakhiri dengan ‘jatuh’ setinggi 2 meter.

2. Gelanggang Renang / Atlantis, Ancol Jakarta

Gelanggang Renang Jaya Ancol adalah taman air pertama di Indonesia yang punya kolam ombak. Perosotan utamanya juga sangat tinggi, walau tidak terlalu meliuk-liuk.

Tahun 2010, tempat ini di-revitalisasi menjadi kolam air Atlantis dengan banyak wahana baru yang lebih menantang. Satu yang sejauh ini paling unik adalah kolam apung. Sayangnya karena terlalu populer, tempat ini jadi krodit dan kurang nyaman.

1. Pandawa, Solo

Taman air ini punya black hole !!! Wahana perosotan yang berputar-putar dalam tabung berwarna hitam. Meluncur di dalamnya kita tak bisa melihat apa-apa, sementara badan terbanting kiri kanan dan tahu-tahu, jebur … masuk ke kolam. Wahana lainnya sebenarnya sama saja dengan taman air lain. Namun black hole itu benar-benar luar biasa.

Catatan

Lokasi yang dibahas hanyalah yang sudah pernah dikunjungi penulis.

 

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− six = 0